10 Mitos tentang Kondom

/, Blog/10 Mitos tentang Kondom

10 Mitos tentang Kondom

2015-07-23T10:00:22+00:00 23-Juli, 2015|Categories: Artikel, Blog|Tags: , , , , |

Ada banyak banget mitos tentang kondom yang beredar. Sebelum kamu termakan dan malah jadi salah info, yuk kita simak mitos dan fakta tentang kondom!

 

MITOS #1: Hubungan seksual kamu akan lebih aman kalau kamu memakai dua kondom sekaligus.

FAKTA: Mau kamu pakai kondom laki-laki atau kondom perempuan, menggunakan dua kondom sekaligus itu ide yang buruk, karena kondom kamu bakal lebih mudah robek. Pakai satu saja.

 

MITOS #2: Kondom itu gampang robek.

FAKTA: Enggak juga, kok. Cuma emang ada beberapa tips biar kondom kamu lebih ‘tahan.’ Kenakan kondom itu dengan benar dan hati-hati kalau kuku kamu tajam, kamu memakai perhiasan, atau kalau kena gigi. Kalau kondom yang kamu pakai gak mau kebuka, artinya kamu narik ke arah yang salah. Buang kondom ini dan mulai dengan kondom yang baru, karena bisa jadi ada sisa sperma di kondom tersebut.

Oh ya, kalau kondom kamu emang bener-bener robek dan kamu gak pakai kontrasepsi lain, lekas kunjungi klinik di dekat rumahmu biar kamu bisa dapat kondar alias kontrasepsi darurat. Kamu juga kudu rutin tes untuk memastikan kamu gak kena infeksi menular seksual (IMS).

 

MITOS #3: Kondom itu satu-satunya bentuk kontrasepsi yang dibutuhkan.

FAKTA: Erm, belum tentu. Kondom emang bisa melindungi kamu dari IMS dan kehamilan tidak diinginkan, tapi kalau kamu mau benar-benar aman, kamu bisa memakai kondom dan kontrasepsi lainnya. Ada banyak kok jenis kontrasepsi yang bisa dipakai, mulai dari IUD hingga pil. Cari tahu aja.

 

MITOS #4: Kamu perlu pelicin lebih, seperti Vaseline.

FAKTA: Eh, jangan. Pelicin itu boleh-boleh aja, tapi jangan pakai pelicin yang mengandung minyak karena bisa merusak kondom. Jadi hindari menggunakan minyak bayi, Vaseline, dan hand cream sebagai pelicin. Lipstik juga mengandung minyak, loh. Pakai pelicin yang berbahan dasar air, yang bisa kamu beli dari supermarket mana aja.

 

MITOS #5: Kalau pakai kondom, kurang ‘berasa.’

FAKTA: Belum tentu. Kondom bisa menunda ejakulasi pasangan laki-laki, dan itu justru bikin kamu bertahan lebih lama kan. Ada banyak kok jenis, warna, dan ukuran kondom yang dijual di pasaran, jadi cari yang enak buat kamu aja.

 

MITOS #6: Kondom itu menghalangi sirkulasi darah.

FAKTA: Kata siapa? Kondom bisa meregang hingga 18 inci, loh. Selain itu, ada berbagai bentuk dan ukuran kondom yang bisa kamu pakai.

 

MITOS #7: Kalau saya meminta memakai kondom, pasangan saya bakal marah.

FAKTA: Jelasin ke pasangan kamu, kalau memakai kontrasepsi menunjukkan bahwa kamu itu pasangan yang bertanggung jawab dan tahu cara menjaga diri. Gak usah ragu-ragu.

 

MITOS #8: Kamu gak perlu pakai kondom saat melakukan seks oral.

FAKTA: Eh, perlu loh. Penyakit kelamin seperti gonorrhea, chlamydia, dan herpes bisa menyebar lewat seks oral.

 

MITOS #9: Kamu harus berusia 18 tahun ke atas dan harus sudah menikah dulu, baru boleh beli kondom.

FAKTA: Kata siapa? Kamu bisa beli dengan bebas di supermarket atau minimarket terdekat, kok. Atau kalau kamu agak malu, cari aja di klinik di sekitar rumahmu yang bahkan bisa ngasih kamu kondom gratis.

 

MITOS #10: Aku gak perlu pakai kondom. Kan pasanganku orang baik-baik.

FAKTA: Dari mana kamu tahu? HIV dan AIDS gak cuma menyebar lewat hubungan seksual, loh. Lagian, infeksi menular seksual itu gak peduli orang itu baik-baik atau enggak. Dan banyak IMS tidak memiliki gejala apa-apa, jadi kamu bisa menginfeksi satu sama lain tanpa sepengetahuanmu.

 

Bonus!

MITOS #11: Kalau aku sudah menikah, aku gak perlu pakai kontrasepsi lagi.

FAKTA: Gak juga. Mungkin kalau kamu sudah mau punya anak, kamu bisa berhubungan seks dengan pasanganmu tanpa kontrasepsi. Tapi ingat, sebenarnya kamu gak ‘terselamatkan’ dari bahaya infeksi menular seksual dan HIV/AIDS hanya karena kamu sudah menikah. Bakteri itu gak lihat cincin kawinmu, loh.

Faktanya, di Indonesia kasus AIDS tertinggi terjadi pada kalangan ibu rumah tangga, loh. Jadi, jaga diri kalian dan play safe, ya!

 

Ingat, kalau kamu punya pertanyaan atau mau cek kesehatanmu sendiri biar kamu gak kena infeksi menular seksual, #KamuTidakSendirian. Ada banyak klinik, konselor, dan komunitas di sekitarmu yang bisa bantu kamu. Colek aja kami di @SobatASK (Twitter), atau cek website kami.

Good luck!

 

Diterjemahkan dan Disadur dari: http://www.nhs.uk/Livewell/teenboys/Pages/Condoms.aspx