4 Tanda Kekerasan Psikis dalam Pacaran

/, Blog/4 Tanda Kekerasan Psikis dalam Pacaran

4 Tanda Kekerasan Psikis dalam Pacaran

2015-08-25T13:05:55+00:00 25-Agustus, 2015|Categories: Artikel, Blog|Tags: , |

Kemarin, Sobat ASK udah ngobrol soal kekerasan seksual dalam pacaran. Tapi, ada jenis-jenis kekerasan yang mungkin kesannya lebih halus, tapi sama beracunnya buat hubungan kamu. Kekerasan psikis atau psikologis!
Percaya atau gak, tanda-tanda kekerasan psikis ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional kamu. Menurut riset, kalau si dia udah enak-enak aja melakukan kekerasan psikis, besar risikonya dia bakal melakukan kekerasan fisik.

Nah lho! Makanya, yuk kita simak apa aja tanda-tanda kekerasan psikis dalam hubungan.

 

1. Dia Kelewat Kepo
Siapa sih yang gak pernah kepo? Itu sebenarnya nggak apa-apa, tapi kalau udah berlebihan, pasti gak enak, kan? Kalau dia memaksa untuk tahu kamu lagi ngapain dan lagi di mana setiap saat dan setiap waktu, bahkan sampai memaksa kamu untuk lapor secara rutin sama dia, itu tanda kalau dia udah mulai melakukan kekerasan psikis. Masa rutinitas kamu dikendalikan sepenuhnya sama dia. Ingat, dia pacar kamu. Bukan hansip!

 

2. Dia Terlalu Cemburuan
Cemburu itu wajar dan pasti terjadi. Cuma, kalau dia sampai memaksa kamu untuk gak temenan sama teman-teman kamu lagi, bolak-balik nuduh kamu selingkuh padahal kamu gak ngapa-ngapain, dan bahkan mulai minta kamu kurangin waktu kerja dan belajar karena takut kamu macem-macem, dia udah kelewatan.

 

3. Dia Banyak Mengancam
Mau gimanapun, hubungan yang didasari dari ancam mengancam itu gak sehat. Kalau dia bolak balik mengancam bakal menyakiti kamu atau orang lain, atau mengancam akan menyakiti dirinya sendiri saat marah sama kamu, artinya hubungan kalia sudah gak sehat.

 

4. Dia Kebanyakan Ngatur
Wajar kok, kalau kamu nanya sama si dia enaknya pakai baju apa biar keren, mau nonton di mana, dan sebagainya. Tapi kalau dia udah maksa untuk ngatur semua aspek dari kehidupan sehari-hari kamu, seperti maksa kamu dandan, maksa kamu pakai baju atau aksesoris tertentu, dan bahkan sok ngatur apa yang kamu makan, itu udah gak bener.

 

Ingat, gak ada satupun orang yang berhak menyakiti dan memanfaatkan kamu atas dasar apapun juga. Kalau dia benar-benar sayang sama kamu, dia bakal memperlakukan kamu dengan baik, kan?
Masih ada banyak banget tanda-tanda kekerasan psikis dalam pacaran selain yang udah disebutin di atas. Kalau kamu merasa bahwa ini terjadi pada kamu atau pada teman kamu, jangan khawatir. #KamuTidakSendirian kok. Ada banyak teman-teman konselor sebaya dan klinik cakep di sekitarmu yang bisa kamu ajak ngobrol untuk membantu kamu menyelesaikan masalah tersebut.

 

 

Disadur dari:
https://www.womenshealth.gov/violence-against-women/types-of-violence/emotional-abuse.html