Bingung Nyari Kontrasepsi, Cari di Tempat-Tempat Ini!

/, Blog/Bingung Nyari Kontrasepsi, Cari di Tempat-Tempat Ini!

Bingung Nyari Kontrasepsi, Cari di Tempat-Tempat Ini!

2016-04-13T10:00:33+00:00 13-April, 2016|Categories: Artikel, Blog|Tags: |

Ada banyak banget risiko yang kamu hadapi kalau kamu sudah aktif secara seksual. Mulai dari infeksi menular seksual sampai kehamilan yang tidak diinginkan, semua skenario ngeri ini sebenarnya bisa dihindari kalau kamu menggunakan kontrasepsi secara baik dan benar. Tapi, di mana kamu bisa mendapatkan kontrasepsi?

Baca baik-baik dan sebarin ya. Karena siapa saja, mulai dari dedek-dedek kinyis yang baru berani ciuman sampai pasangan yang sudah lama menikah, perlu tahu informasi ini.

 

1. Di Pinggir Jalan

Di daerah-daerah tertentu, kondom dan obat kuat dijual secara bebas oleh abang-abang yang buka lapak atau toko kecil di pinggir jalan. Jangan pura-pura enggak tahu deh, kamu pasti pernah ngelewatin walau hanya sekali dua kali.

+ Dijamin murah dan enggak akan ditanyain macam-macam. Paling kamu disambit pakai sandal kalau minta ngutang.

– Kontrasepsi yang ditawarkan tidak lengkap karena biasanya hanya berupa kondom. Selain itu, kondom dan obat kuat yang mereka jual BELUM TENTU ASLI. Dan percaya deh: jersey bola boleh KW, tapi kontrasepsi jangan. Bahaya!

 

2. Di Minimarket atau Supermarket

Banyak minimarket dan supermarket menjual kontrasepsi secara bebas. Bisa kamu temuin di dekat rak obat – atau di counter belakang kasir.

+ Lebih lengkap daripada abang-abang pinggir jalan dan lebih terjamin asli. Harga enggak bikin nyesek dan biasanya enggak ditanyain macam-macam.

– Tetap saja, kamu tidak akan mendapat kontrasepsi yang lengkap. Biasanya hanya jenis kontrasepsi tertentu yang dijual. Selain itu, kamu tidak bisa mendapat konseling atau penjelasan apapun tentang penggunaan kontrasepsi yang benar, kenapa kamu perlu melindungi diri, dan risiko berhubungan seksual sebelum siap.

 

3. Di Apotek

Beberapa apotek menjual kontrasepsi dan ada juga dokter umum yang bisa ditanyain soal ini-itu atau diajak konsultasi.

+ Barangnya terjamin kualitas dan keasliannya dan jelas lebih lengkap daripada di minimarket. Harga juga masih masuk akal.

– Walau lebih lengkap daripada toko biasa, tetap saja jenis kontrasepsi yang disediakan masih terbatas. Selain itu, meski ada dokter umum yang bisa menjawab pertanyaan medis kamu, belum tentu dia spesialis kesehatan reproduksi dan benar-benar menguasai topik seksualitas. Satu pertimbangan lain yang penting: belum tentu semua dokter umum itu ramah remaja. Kamu ada kemungkinan dihakimi atau minimal diliatin kalau nanya macam-macam.

 

4. Di Puskesmas

Kamu juga bisa mampir ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan layanan kontrasepsi. Layanan kesehatan seperti ini biasanya lebih lengkap daripada apotek yang lebih fokus ke penyediaan obat.

+ Layanan yang tersedia jauh lebih lengkap. Bagi yang ingin melakukan program KB, suntik, dan pil, kamu bisa mendapatkannya di puskesmas. Dari segi harga, puskesmas juga termasuk terjangkau. Tenaga medis di sana juga bisa memberikan konseling dan ditanyain ini itu soal kontrasepsi.

– Sayangnya, belum semua puskesmas di Indonesia ramah remaja. Anak muda yang bertanya mengenai tubuhnya sendiri (seperti tentang pubertas, seksualitas, dan kesehatan reproduksinya), mendaftar untuk mendapat layanan kesehatan, atau mencoba mengakses kontrasepsi sering menerima diskriminasi karena mereka belum menikah. Belum tentu anak muda beruntung dan menemui tenaga kesehatan yang mau melayani mereka dengan baik tanpa memandang latar belakang mereka.

 

5. Di Klinik Ramah Remaja

Ini pilihan lain yang bisa kamu ambil, terutama bila kamu masih muda dan ingin tahu soal seksualitas, ingin konsultasi, bahkan ingin mengakses layanan kesehatan.

+ Layanan yang tersedia biasanya lengkap. Mulai dari terapi untuk ODHA (Orang Dengan HIV & AIDS), pengobatan bagi pasien infeksi menular seksual hingga akses kontrasepsi, klinik-klinik seperti ini biasanya bisa membantu kamu mengakses layanan dan informasi kesehatan yang oke.

Kamu juga bisa mengakses layanan konseling, di mana kamu bisa bertanya dan ngobrol soal pubertas, kesehatan reproduksi, infeksi menular seksual, kontrasepsi dan lain-lain. Tenaga medis yang ada di sana bakal menjelaskan ke kamu risiko-risiko berhubungan seksual secara tidak aman tanpa ngehakimin kamu, dan yang lebih okenya lagi: biasanya layanan mereka terjangkau, bahkan gratis!

– Belum banyak yang mengenal klinik-klinik seperti ini. Mereka biasanya bekerja di komunitas-komunitas tertentu, atau tidak banyak mempromosikan diri. Tapi, jangan khawatir karena #KamuTidakSendirian. Kamu bisa menemui klinik ramah remaja yang paling dekat dengan kotamu di Direktori Layanan kami 🙂