10 Mitos Menstruasi

/, Blog/10 Mitos Menstruasi

10 Mitos Menstruasi

2016-11-18T18:44:49+00:00 18-November, 2016|Categories: Artikel, Blog|Tags: , , , |

Menstruasi, teman yang rajin datang tanpa diundang, bikin kamu sakit dan kesal, lantas pergi seenaknya sendiri. Sebelumnya, SobatASK sudah pernah membahas beberapa fakta mendasar soal apa itu menstruasi. Namun, ternyata, masih ada 10 mitos menstruasi yang berseliweran. Misalnya…

 

1. Kamu Harus Selalu Istirahat saat Menstruasi

Kamu memang harus lebih banyak beristirahat saat menstruasi, tapi bukan berarti kamu tidak boleh banyak bergerak. Justru, olahraga terbukti manjur untuk mengurangi rasa kram perut dan memperbaiki suasana hati saat menstruasi.

 

2. Kamu Enggak Bisa Hamil kalau Kamu Sedang Menstruasi

Kehamilan terjadi saat sel sperma bertemu dengan sel telur yang dilepas oleh ovarium melalui proses yang dinamai ovulasi. Kalau kamu beruntung, sel sperma itu akan membuahi sel telur, dan kamu hamil. Nah, berhubung ovulasi masih bisa terjadi saat seseorang sedang menstruasi, secara teknis kamu masih bisa hamil walau kamu sedang menstruasi. Belum lagi, sel sperma bisa hidup di dalam tubuh selama 3-5 hari.

Peluangnya memang kecil. Tapi, satu-satunya cara kamu tidak akan hamil adalah jika kamu menggunakan kontrasepsi, atau tidak berhubungan seks sama sekali.

 

3. Kalau Mens Kamu Enggak Rutin, Kamu Tidak Sehat

Kamu tidak akan langsung memiliki jadwal mens yang rutin. Butuh waktu sekitar 6 bulan sampai 1 tahun setelah menstruasi pertama sebelum tubuhmu memiliki siklus menstruasi yang lebih rutin. Bagi beberapa perempuan, tubuh mereka memang tidak memiliki jadwal mens yang bisa ditebak. Tidak ada satu penyebab pasti dari fenomena ini – oleh karena itu, lebih baik kamu berkonsultasi pada dokter. Temui klinik ramah remaja yang paling dekat denganmu di Direktori Layanan kami.

 

4. Kamu Akan Menstruasi Setiap 28 Hari

Biasanya, menstruasi memang datang setiap 28 hari sekali. Tapi, siklus menstruasi setiap orang berbeda – dan itu wajar, apalagi bagi perempuan muda yang baru mulai menstruasi. Siklus menstruasi seseorang dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti stres, pergantian zona waktu, olahraga berat, penyakit, perubahan berat badan yang drastis, hingga pola makan.

5. Kalau Mens Kamu Telat, Kamu Pasti Hamil!

Sekali lagi, ada banyak hal yang bisa bikin siklus menstruasi seseorang berubah – lihat saja faktor-faktor yang ada di poin keempat. Tapi, kalau kamu baru saja berhubungan seks, dan kamu tidak kunjung menstruasi, lebih baik kamu main aman: tes kehamilan saja, supaya kamu tahu pasti. Kamu bisa membeli alat tes kehamilan di minimarket atau apotik manapun, tapi kalau kamu ingin hasil yang paling akurat dan pasti, cek di klinik ramah remaja terdekat.

 

6. Memakai Pembalut saat Menstruasi Bisa Menyebabkan Kemandulan

Tidak ada bukti ilmiah apapun yang membuktikan anggapan ini. Sebaliknya, kamu justru sangat perlu menggunakan pembalut saat kamu menstruasi. Kelembaban di daerah selangkangan kamu akan meningkat saat menstruasi karena alat kelaminmu mengeluarkan cairan berupa darah dan lendir keputihan. Dan seperti yang sudah kita pelajari sebelumnya (kasih link ke artikel mencegah galer), selangkangan yang lembab itu tempat kesukaan infeksi dan kuman. Pembalut bakal menampung cairan yang keluar saat mens sehingga tidak bersentuhan langsung dengan kulit.

Malah, penting bagimu untuk menggunakan pembalut yang nyaman bagimu, dan menggantinya secara rutin (sekitar 2-4 jam sekali), terutama di hari-hari awal menstruasi.

 

7. Kamu Enggak Bisa Melakukan Apa-Apa Kalau Mens Kamu Sakit

Wajar jika kamu merasa kram atau tidak nyaman saat menstruasi. Namun, harusnya kamu tidak merasakan rasa sakit yang berlebihan di tubuhmu. Menggunakan pil KB atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu bisa mengurangi rasa sakit karena menstruasi. Namun, kamu juga harus waspada – rasa sakit yang berlebihan saat menstruasi bisa jadi adalah gejala penyakit seperti endometriosis. Supaya aman, sebaiknya diperiksakan ke dokter – temui klinik ramah remaja terdekat di Direktori Layanan kami.

 

8. Kalau Kamu Sudah Umur ________ [isi sendiri], harusnya kamu Sudah Mens

Tidak ada usia pasti untuk menstruasi pertama, namun kebanyakan perempuan mengalami menstruasi pertama di usia sekitar 9-15 tahun. Jika kamu sudah berusia lebih dari 15 tahun dan belum juga mengalami menstruasi, ada baiknya kamu periksa ke dokter. Temui klinik terdekat di Direktori Layanan kami.

 

9. Tidak Boleh Keramas saat Menstruasi

Untungnya, ini hanya mitos. Tidak ada hubungan antara kebersihan rambutmu dengan menstruasi – mereka tidak saling mempengaruhi sama sekali. Jadi, silakan keramas dengan riang gembira. Janganlah menunda keramas dan membiarkan rambutmu jadi mengerikan seperti rambut Mak Lampir.

 

10. Kamu Bisa Mempercepat/ Memperlambat/Menunda Menstruasi dengan Mengkonsumsi…

Ada yang bilang bahwa meminum minuman bersoda bisa mempercepat menstruasi, dan sebaliknya meminum minuman dingin bisa memperlambat menstruasi. Sayangnya, keduanya sama-sama tidak berpengaruh.

 

Namun, perlu dicatat bahwa menstruasi kamu memang dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron, dan keseimbangan ini pun dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis kamu. Jika kamu terlalu banyak meminum minuman yang kurang sehat seperti soda, keseimbangan nutrisi dalam tubuhmu dan siklus menstruasi kamu bakal kacau balau. Seperti yang sudah dijelaskan di poin keempat dan kelima, ada banyak hal yang mempengaruhi siklus menstruasi kamu – di antaranya pola makan.

Masih punya banyak pertanyaan? Jangan khawatir karena #KamuTidakSendirian. Temui dokter, konselor, dan tenaga kesehatan profesional yang ahli dan pasti akan menjawab pertanyaan kamu di Direktori Layanan kami.

 

 

Sumber:

independent.co.uk/life-style/9-of-the-most-common-myths-about-periods-a6675446.html
doktersehat.com/mitos-dan-fakta-seputar-menstruasi
meetdoctor.com/article/menstruasi-mitos-dan-faktanya
ubykotex.com/en-us/periods/period-advice/top-10-period-myths-busted
bodyform.co.uk/my-period/period-myths/
always.com/en-us/tips-and-advice/the-talk/8-period-myths-that-moms-can-bust

 

Sumber foto:
dnaindia.com