5 Perubahan di Tubuh Laki-Laki Saat Puber

/, Blog/5 Perubahan di Tubuh Laki-Laki Saat Puber

5 Perubahan di Tubuh Laki-Laki Saat Puber

2016-11-14T15:00:32+00:00 14-November, 2016|Categories: Artikel, Blog|Tags: |

Pubertas akan membawa banyak perubahan ke tubuhmu yang mungkin akan bikin kamu kaget dan bingung. Tapi, sebenarnya perubahan-perubahan itu enggak perlu ditakuti. Kalau sebelumnya SobatASK membahas perubahan yang terjadi pada perempuan saat mereka puber, kali ini kami ingin membahas apa yang terjadi pada laki-laki!

 

1. Alat Kelamin Berkembang

Biasanya mulai pada usia : 10-13,5 tahun (pertumbuhan testikel), 11-14,5 tahun (pertumbuhan penis).

Di masa-masa awal pubertas, skrotum atau kantung pelir kamu akan membesar. Selain itu, kulit di skrotum kadang memerah dan berganti tekstur. Selagi skrotum kamu berkembang, penismu juga akan tumbuh menjadi lebih panjang, sekaligus sedikit lebih lebar. Sekitar satu tahun setelah perkembangan alat kelaminmu dimulai, kamu akan mengalami apa yang dinamakan mimpi basah–yaitu kali pertama kamu menghasilkan dan mengeluarkan sperma.

Mimpi basah adalah proses yang sangat alami dan terjadi pada hampir semua anak laki-laki kok. Tidak usah khawatir.

 

2. Tumbuh Bulu Pubis

Biasanya mulai pada usia : 10-15 tahun.

Bulu pubis atau bulu yang tumbuh di sekitar selangkangan dan alat kelaminmu akan mulai muncul di penis saat kamu puber. Lama kelamaan, bulu ini akan semakin lebat, gelap, dan keriting. Kamu boleh memilih untuk membiarkan bulu itu atau mencukurnya. Tapi ingat: hati-hati saat mencukur. Mau pakai alat cukur, pakai gunting atau apa pun juga, mencukur bulu pubis dengan sembarangan bisa menyebabkan iritasi, alergi, atau infeksi.

 

3. Pertumbuhan Badan

Biasanya mulai pada usia : 10,5-16,5 tahun.

Sama seperti pada perempuan, tubuhmu akan tumbuh lebih cepat saat kamu sedang puber. Kamu akan tumbuh ke atas sekaligus ke samping: berat badanmu akan naik selagi tubuhmu semakin besar, dan kamu akan tumbuh lebih tinggi. Berapa tinggi tubuh dan berat badanmu nantinya dipengaruhi banyak hal–mulai dari pola hidup dan makananmu. Tapi, hal yang paling mempengaruhi adalah genetik.

Satu hal lagi: selama pubertas, beberapa laki-laki mengalami pertumbuhan di bagian dada–mirip seperti pertumbuhan payudara di perempuan. Namun, pertumbuhan ini biasanya hanya terjadi sebentar atau sementara. Jika pertumbuhan dadamu tidak berhenti sepanjang pubertas, ada baiknya kamu konsultasi ke dokter di Direktori Layanan kami.

 

4. Perubahan Suara

Biasanya mulai pada usia: sama dengan perkembangan alat kelamin.

Perlahan-lahan, suaramu akan semakin berat dan dalam. Selain itu, sebuah jakun akan mulai tumbuh di kerongkongan atau leher kamu. Meskipun begitu, wajar kok kalau suaramu tidak serak-serak basah atau berat banget.

 

5. Muncul Bulu di Wajah dan Ketiak

Biasanya mulai pada usia: umumnya dua tahun setelah bulu pubis pertama kali tumbuh.

Bulu di wajahmu–yang nantinya akan menjadi kumis, janggut, dan jambangmu–akan mulai tumbuh saat kamu puber. Pada saat bersamaan, bulu akan tumbuh di bagian ketiak kamu.

Namun, patut dicatat bahwa semua orang punya keadaan fisik yang berbeda-beda. Pada umumnya, laki-laki maupun perempuan akan mengalami pertumbuhan bulu pubis dan bulu ketiak. Tapi, normal kok kalau bulu ketiak seseorang tumbuh lebih lambat dari bulu pubis, misalnya, atau janggut seseorang tidak kunjung lebat. Mungkin orang itu lebih lambat menumbuhkan bulu, atau secara keturunan, dia memang enggak berbakat jadi pria brewokan.

 

6. Muncul Jerawat

Biasanya mulai pada usia: umumnya bersamaan dengan munculnya bulu di ketiak.

Saat kamu puber, kelenjar di tubuhmu yang memproduksi keringat dan minyak juga berkembang. Lama kelamaan, minyak yang dihasilkan kelenjar ini enggak bisa keluar dengan baik karena pori-pori kulit wajahmu tersumbat. Hal inilah yang kemudian menghasilkan mimpi buruk hampir semua anak puber: jerawat.

Jangan khawatir, jerawat itu wajar dan normal kok. Tapi, supaya wajahmu enggak terlalu parah jerawatnya, ada baiknya kamu rutin mencuci wajah–setidaknya dua kali sehari–dan enggak malas mandi. Tapi, jika jerawatmu parah banget dan kamu bingung kenapa bisa begitu, ada baiknya kamu periksa ke dokter kulit.

 

Masih banyak banget perubahan lain yang terjadi pada tubuh kamu saat kamu mulai puber. Kalau kamu masih bingung, butuh nanya macam-macam, dan perlu teman ngobrol yang asik, jangan khawatir karena #KamuTidakSendirian. SobatASK kenal banyak konselor sebaya yang senang dengerin curhat kamu, dan mau menjawab pertanyaanmu. Temui mereka aja di Direktori Layanan kami.

 

 

Sumber:

http://www.pamf.org/teen/health/puberty/physicalchanges.html

https://www.plannedparenthood.org/teens/my-body/puberty

Semua yang Mau Kamu Tahu Tapi Tabu, SEPERLIMA, 2014