6 Hal yang Harus Dilakukan kalau Sahabatmu Menyatakan Cinta

//6 Hal yang Harus Dilakukan kalau Sahabatmu Menyatakan Cinta

6 Hal yang Harus Dilakukan kalau Sahabatmu Menyatakan Cinta

2017-03-16T10:00:54+00:00 16-Maret, 2017|Categories: Artikel|Tags: , |

Bayangin deh, kamu sudah lama banget berteman sama orang ini. Kalian sudah sering nongkrong bareng, sering curhat-curhat nyampah, dan sudah kenal teman satu sama lain. Suatu ketika, dia nembak kamu. Canggung? Sudah pasti. Bingung? Bisa jadi.

Banyak yang bakal mengalami hal ini. Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan saat sahabatmu menyatakan cinta ?

 

Bilang “Terima Kasih” dengan sopan.

Reaksi pertama kamu pasti: kaget, bingung, canggung, dan panik. Tapi, penting banget untuk tetap stay cool dan merespon dengan sopan. Bilang terima kasih dan jaga perasaannya. Mau bagaimana pun, dia tetap temanmu, kan?

 

Tanyakan pada dirimu sendiri.

Apakah kamu ada perasaan terhadapnya? Apakah kamu keberatan dengan perasaannya padamu?

Kalau kamu sebenarnya juga memendam rasa untuknya, selamat! Ternyata cinta kamu tidak bertepuk sebelah tangan. Tapi, kalau ternyata kamu tidak membalas perasaannya, putuskan langkahmu berikutnya dengan hati-hati.

Apakah kamu merasa tidak nyaman dengan pernyataannya? Jika tidak nyaman, mungkin kamu butuh waktu untuk menjauh darinya. Apakah kamu masih ingin mempertahankan pertemananmu? Jika iya, ada hal-hal penting yang perlu diobrolin.

Apa pun yang terjadi, jangan kasih pesan yang ambigu. Komunikasikan dengan jelas apa maumu.

 

Beri dia ruang untuk menyendiri.

Mungkin kalian perlu mengurangi intensitas nongkrong dan ketemuan. Beri dia ruang untuk menyendiri, dan menimbang baik-baik perasaan dia pada kamu.

Satu hal yang paling penting: jangan kasih dia harapan palsu. Kalau kamu merasa enggak nyaman, kalau kamu merasa perlu menjauh sedikit dari dia, bicarakan segera.

 

Kurangi ketemuan berdua.

Walaupun kalian berusaha menjaga jarak dari satu sama lain, bukan berarti kalian enggak boleh ketemuan. Tapi, akan lebih baik jika kalian enggak ketemuan berdua saja.

Cari makan bareng teman-teman lain atau ke tempat di mana kalian akan bertemu banyak kenalan. Hal ini bisa mengurangi situasi-situasi canggung di mana kalian harus berduaan dan perasaannya jadi enggak enak.

 

Tunjukkan empati.

Kamu pasti mau menjaga perasaannya. Ada baiknya, kamu jaga apa saja informasi yang kamu bocorkan padanya. Maksudnya begini: kalau kamu naksir sama orang lain atau sudah punya pacar, ada baiknya kamu enggak terlalu memamerkan hubunganmu pada dia. Kurang-kurangi juga curhat soal kehidupan percintaanmu ke dia.

Hal-hal kecil seperti itu bisa bikin dia makin stres!

 

Tolak dengan halus.

Pada akhirnya, kalian memang harus bicara empat mata dan harus ada keputusan yang perlu diambil. Pertama-tama, kalau kamu memang enggak ada perasaan apa pun terhadapnya, jangan dipaksakan! Sahabat yang baik harusnya bisa menerima keputusanmu, apa pun itu. Jadi, kalau kamu memang enggak mau berhubungan dengannya, tolak dengan halus.

 

Masih bingung? Punya banyak pertanyaan? Jangan khawatir karena #KamuTidakSendirian. SobatASK kenal banyak teman dan konselor yang bisa bantu ngejawab pertanyaan kamu soal berbagai hal. Ngobrol aja ke mereka di Direktori Layanan kami.

 

 

Sumber foto:
npr.org