Cara Melatih Berpikir Positif

//Cara Melatih Berpikir Positif

Cara Melatih Berpikir Positif

2019-03-04T12:55:37+00:00 21-Desember, 2018|Categories: Artikel|

Berpikir positif di dalam hidup dapat berpengaruh baik untuk kesehatan fisik dan mentalmu. Penelitian juga menyatakan bahwa berpikir positif dapat membuka dirimu pada kesempatan dan hal-hal baru. Memang, tak mudah untuk tetap dapat berpikir positif di saat situasi sulit, namun tak menutup kemungkinan untuk dapat melatih kemampuan berpikir positifmu. Ketika sudah dilatih, kemampuan cara berpikir positif mu akan secara otomatis muncul di saat-saat sulit.

Bagaimana sih caranya agar dapat menjadi seseorang yang berpikir positif?

Coba lakukan 5 cara berikut!

1. Berlatih menanggapi pikiran negatif

Saat dalam situasi buruk, setiap orang pasti secara tak langsung memunculkan pikiran negatif. Pikiran negatif ini seringkali sulit dikontrol. Tapi, kamu bisa lho menghindarinya! Kamu dapat mengubah pikiran negatifmu menjadi positif. Saat kamu mendapat pikiran negatif seperti “Aku tidak bisa apa-apa; aku telah gagal,” kamu dapat mengarahkan pikiran tersebut menjadi, “Tidak apa-apa kali ini aku gagal, aku dapat mempelajari sesuatu yang sangat berharga dari pengalaman ini.”

2. Menulis tentang hal/pengalaman positif

Dengan menggunakan metode menulis, seseorang dapat menjadi lebih positif! Ada penelitian yang dilakukan pada 90 mahasiswa, yang kemudian dibagi menjadi 2 grup. Grup pertama menuliskan tentang pengalaman positif tiap harinya, grup kedua menuliskan tentang topik tertentu. Hasilnya, grup pertama memiliki mood yang lebih baik dan merasakan lebih sedikit rasa sakit. Berpikir positif itu terbukti dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mentalmu!

3. Kelilingi dirimu dengan orang-orang positif

Apabila kamu berada di dalam lingkungan yang positif, maka secara tak langsung, kamu akan terpengaruh menjadi positif juga! Lingkungan sosial sangat berpengaruh di dalam kehidupan seseorang. Oleh karena itu, jangan pernah takut untuk pergi dari lingkungan yang buruk dan kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang positif!

4. Carilah materi untuk berpikir positif

Saat memulai atau mengakhiri hari, kamu dapat membaca kutipan penuh inspirasi, buku motivasi, atau biografi orang-orang sukses. Hal-hal ini dapat membantumu berpikir positif. Oleh karena itu, luangkan sedikit waktu dalam sehari untuk menimbun hal-hal positif dalam dirimu.

5. Cobalah melihat sesuatu dari sisi lain

Kamu dapat mencoba lihat situasi buruk yang kamu alami dari sisi lain/sebaliknya. Ingatlah, situasi yang kamu alami dapat menjadi cerita yang akan dikenang di masa depan. Untuk menaikkan moodmu, kamu juga bisa menonton sitkom, tayangan komedi, dan membaca cerita humor.

Banyak sekali keuntungan jika kamu dapat berpikir positif. Yuk, coba kelima cara di atas dan mulai berpikir positif dari sekarang!

Sumber:
success.com
jamesclear.com
divyaparekh.com