Waspadai Gejala Penyakit yang Rentan Menyerang Vagina

//Waspadai Gejala Penyakit yang Rentan Menyerang Vagina

Waspadai Gejala Penyakit yang Rentan Menyerang Vagina

2019-03-04T12:37:55+00:00 26-Februari, 2019|Categories: Artikel|Tags: , , |

Setiap perempuan pastinya harus menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim mereka. Hal ini dikarenakan banyaknya penyakit yang dapat menyerang vagina. Makanya, kita wajib waspada agar dapat mengidentifikasinya secara dini apabila terjadi pada kita. Ini 3 penyakit yang rentan menyerang vagina!

1. Infeksi jamur

Jamur adalah penyebab infeksi paling umum pada vagina. Jamur bernama Candida yang berada di vagina dengan jumlah sedikit tidak berbahaya. Dalam kondisi tertentu, misalnya hamil, diabetes, sistem imun rendah, dll, Candida bisa bertambah banyak. Apabila kamu mengalami infeksi jamur ini, ada gejala-gejala yang biasanya muncul, antara lain keluarnya cairan putih dan tebal, kemerahan, rasa terbakar, bengkak, dan iritasi di daerah vagina. Infeksi jamur ini bisa diatasi dengan obat krim anti jamur atau dengan obat resep dokter.

2. Trichomoniasis

Trichomoniasis merupakan salah satu infeksi menular seksual yang disebabkan oleh parasit. Gejala-gejala yang dialami oleh penderita Trichomoniasis adalah keluarnya cairan berwarna kuning kehijauan, bau pada vagina, gatal, dan iritasi. Apabila mengalami tanda-tanda terkena Trichomoniasis, segeralah berobat ke dokter. Infeksi ini bisa disembuhkan dengan antibiotik dari resep dokter. Apabila tidak segera disembuhkan, Trichomoniasis bisa menyebabkan risiko terkena HIV, loh!

3. Bacterial vaginosis

Bacterial vaginosis terjadi saat keseimbangan bakteri lactobacillus di vagina berkurang karena pertumbuhan bakteri lain.  Berganti pasangan seksual atau tidak menggunakan kondom saat berhubungan seksual dapat menjadi penyebabnya. Banyak yang tidak menyadari gejala yang ditimbulkan saat terkena Bacterial vaginosis. Beberapa di antaranya adalah bau pada vagina, keluarnya cairan abu-abu atau putih, gatal, iritasi, dan rasa terbakar saat buang air kecil. Apabila tidak segera diobati, dapat terkena infeksi menular seksual dan HIV, serta kemungkinan memiliki bayi yang prematur.

Dengan adanya informasi mengenai penyakit-penyakit yang rentan menyerang vagina di atas, kita wajib waspada, mendeteksi dini gejala-gejalanya, dan segera melakukan pengobatan. Mari, kita jaga kesehatan dan kebersihan alat kelamin agar tidak terserang berbagai penyakit!

SobatASK juga memiliki fitur Direktori. Di sana, kamu dapat temukan klinik atau puskesmas ramah remaja jika kamu ingin konsultasi seputar kesehatan reproduksi dan seksualitas.

Sumber: www.verywellhealth.com